Minggu, 24 April 2011

STRATEGI PENETAPAN TUJUAN PERIKLANAN OUTDOOR


Tujuan Periklanan dapat pula digolongkan menurut sasarannya, yakni untuk memberi informasi, persuasi, atau mengingatkan para pembeli, menmabah nilai dan membantu aktivitas lain yang dilakuhkan perusahaan.
1.      Iklan Informatif
Iklan informatif bertujuan membentuk permintaan pertama dengan memberitahukan pasar tentang adanya produk baru, mengusulkan kegunaan baru suatu produk, memberitahukan pasar tentang perubahan harga, menjelaskan cara kerja suatu produk, menjelaskan pelayanan yang tersedia, mengoreksi kesan yang salah, mengurangi kecemasan pembeli dan membangun citra perusahaan, biasanya dilakuhkan besar-besaran pada tahap awal suatu jenis produk.
2.      Iklan Persuasif
Iklan persuasif bertujuan membentuk permintaan selektif suatu merek tertentu, yang dilakuhkan pada thap kompetitif dengan membentuk preferensi merek, mendorong alih merek, mengubah persepsi pembeli tentang artibut produk, membujuk pembeli untuk membeli sekarang, dan membujuk pembeli untuk menerima, mencoba mensimulasikan penggunaan produk.
3.      Iklan Pengingat
Iklan pengingat bertujuan mengingatkan pembeli tentang produk yang sudah mapan bahwa produk tersebut mungkin akan dibutuhkan kemudian, mengingatkan pembeli di mana dapat membelinya, membuat pembeli tetap mengingat produk itu walau tidak dalam sedang dalam musimnya, dan mempertahankan kesadaran puncak.
4.      Iklan Penambah Nilai
Iklan penambah nilai bertujuan menambah nilai merek pada persepsi konsumen dengan melakuhkan inovasi, perbaikan kualitas dan penguatan persepsi konsumen. Iklan yang efektif akan menyebabkan merek dipandang lebih elegan, lebih bergaya, lebih prestesius, dan mungkin super didalam persaingan.
5.      Iklan Bantuan Aktivitas Lain
Iklan bantuan aktivitas lain bertujuan membantu memfasilitasi aktivitas lainperusahaan dalam proses komunikasi pemasaran, misalnya iklan membantu pelepasan promosi penjualan (kupon), membantu wiraniaga (perkenalan produk), menyempurnakan hasil komunikasi pemasaran yang lain (konsumen dapat mengidentifikasi paket produk di took dan mengenal nilai produk lebih mudah setelah melihat iklan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar