Rabu, 27 April 2011

STRATEGI MERANCANG DAYA TARIK PESAN IKLAN OUTDOOR

1.       Daya Tarik Pesan
Lingkungan periklan outdoor berbeda dengan lingkungan periklanan media lainnya. Lingkungan periklanan outdoor selama ini biasanya tanpa disertai program atau editorial yang dihubungkan dengan media sehingga murni periklanan. Periklanan outdoor harus inovatif dan estetis sehingga menjadikannya lebih diingat dari pada media lainnya. Mereka yang melihat iklan outdoor rata-rata merupakan orang-orang yang cerdas sehingga perancang harus mampu menstimulasi imajinasi mereka demi mendapatkan respons. Oleh karena itu dibutuhkan daya tarik agar pesan yang disampaikan mempunyai dampak.
Untuk menentukan daya tarik mana yang memiliki kemungkinan tingkat keberhasilan paling tinggi terhadap target sasaran, sebelumnya harus dilakuhkan analisis dan reset pasar. Daya tarik pesan dapat berupa selebritis, humor, kesalahan, perbandingan, rasional, emosional, seks atau kombinasi aspek-aspek tersebut.

2.       Daya Tarik Selebritis
Produk atau merek dapat menonjol dalam periklanan, salah satunya menggunakan daya tarik para figure masyarakat. Figur masyarakat tersebut dapat seorang tokoh, bintang TV, aktor, aktris, atlit, ilmuwan, dan sebagainya. Selebritis adalah pribadi (tokoh, actor, aktris, intertainer,atlit)  yang dikenal masyarakat untuk mendukung suatu produk. Selebritis merupakan jurubicara produk.
Pengiklan atau agensi iklan membayar dalam jumlah besar kepada selebritis yang cocok dengan pasar sasaran serta berharap dapat mempengaruhi sikap dan prilaku konsumen terhadap produk yang diiklankannya. 
3.       Daya Tarik Humor
Politisi, actor, aktris, juru bicara masyarakat, profesor dan yang lainnya pada suatu waktu menggunakan humor untuk menciptakan reaksi yang diinginkan. Pengiklan juga menggunakan humor untuk mencapai sasaran komunikasi yang bervariasi untuk memicu perhatian, memandu konsumen secara menyeluruh terhadap tuntunan produk, mempengaruhi sikap, menyempurnakan kemampuan “recall” dari tuntunan pengiklan untuk membeli produk.
4.       Daya Tarik Kesalahan
Sepertinya halnya rasa takut, kesalahan merupakan daya tarik negatif. Orang merasa bersalah ketika melanggar peraturan, menyimpang dari nilai standar atau kepercayaan, atau tidak bertanggungjawab. Daya tarik kesalahan dapat berakibat baik karena memotivasi individu dewasa secara emosi mengambil alih tanggung jawab tindakan terdepan untuk mengurangi tingkat kesalahan. Pengiklan menggunakan daya tarik kesalahan dan berusaha membujuk calon konsumen dengan memanfaatkan perasaan bersalah yang kemudian dapat diperbaiki apabila menggunakan produk yang diiklankan, atau menunjukan kesalahan agar konsumen tidak mengulangi kesalahan.
5.       Daya Tarik Komperatif
Praktik dalam periklanan, komparatif langsung atau tidak langsung antara suatu produk dengan produk pesaing, yang mempromosikan bahwa produk tersebut superior dibanding produk pesaing dalam pertimbangan pembelian disebut iklan komparatif.
6.       Daya Tarik Rasional
Daya tarik rasional berfokus pada praktik, fungsi atau kebutuhan konsumen secara optimal terhadap suatu produk, yang memberikan tekanan pada manfaat atau alasan untuk mempunyai atau menggunakan suatu merek. Isi pesan menekankan pada fakta, belajar dan persuasi logis. Daya tarik rasional cendrung informatif dan pengiklan yang menggunakan daya tarik ini umumnya mencoba menyakinkan konsumen bahwa produk bahwa mempunyai manfaat khusus yang mempuaskan konsumen.
7.       Daya Tarik Emosional
Daya tarik emosional berhubungan dengan kebutuhan psikologis konsumen untuk membeli suatu produk. Banyak komsumen termotivasi untuk mengambil keputusan dan membeli suatu produk karena emosionalitas dan perasaan terhadap merek dapat menjadi lebih penting daripada pengetahuan terhadap atribut dan pernik-pernik produk tersebut.
8.       Daya Tarik Seks
Daya tarik seks mempunyai suatu daya tarik perhatian awal dan dan daya tarik perhatian dalam periode yang lama. Daya tarik seks dapat menyempurnakan recall titik pesan dan tanggapan emosi. Daya tarik seks biasanya menggunakan model atraktif dan pose yang provokatif. Meskipun demikian, daya tarik seks akan mendapat tanggapan negatif jika tidak sesuai dengan materi yang diiklankan, dan bahkan menurut Eric Schulz merupakan sala satu dosa periklanan. Iklan dengan daya tarik seks cenderung dihindari oleh orang tua yang mempunyai anak kecil. Akibatnya, iklan itu tidak ditonton. Lebih dari itu, iklan dengan daya tarik seks sering kali melanggar etika atau melanggar tuntunan agama. Terbukti iklan dengan daya tarik seks kurang berhasil dalam angka penjualan dibanding iklan dengan daya tarik lainnya. Barangkali memang tidak diberkahi oleh tuhan. 
9.       Daya Tarik Kombinasi
Daya tarik kombinasi adalah daya tarik yang merupakan perpaduan berbagai daya tarik, yaitu perpaduan atas daya tarik selebritis, humor, rasa takut, kesalahan, musik, komparatif, rasional, emosional dan seks. Daya tarik ini diharapkan dapat mensinergikan berbagai daya tarik sehingga dapat menghasilkan efek eksekusi pesan iklan yang lebih baik dibandingkan jika hanya menggunakan suatu daya tarik. Bahkan perausahaan yang menggunakan daya tarik ini untuk menarik perhatian penonton karena alasan bahwa daya tarik kombinasi mempunyai kemampuan sinergi tersebut.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar