Kamis, 21 April 2011

STRATEGI PEMBIDIKAN PASAR IKLAN OUTDOOR

Pengiklan harus memutuskan berapa banyak segmen yang akan diliput. Pegiklan dapat mengabaikan perbedaan antarsegmen (pemasaran serbaneka), mengembangkan berbagai penawaran pasar untuk beberapa segmen (pemasaran serbasama), atau menggarap satu atau beberapa segmen (pemasaran terpadu).

1.      Konsentrasi Segmen Tunggal
Pemasar yang membidik segmen tunggal merupakan pembidikan pasar yang sederhana. Dengan berkonsentrasi pada segmen tunggal, perusahaan lebih mudah mendapatkan pengetahuan tentang kebutuhan segmen dan meraih posisi pasar yang kuat dalam segmen tersebut sehingga perusahaan menikmati keekonomisan melalui spesialisasi produksi, distribusi dan promosinya. 
2.      Segmen yang Tidak Membedakan
Pemasar membidik pasar seluruh pelanggan dengan semua produk yang mereka butuhkan. Perusahaan mengabaikan perbedaan segmen dan meraih seluruh pasar dengan satu penawaran pasar. Hanya perusahaan besar saja yang mampu melakuhkan pembidikan pasar yang tidak membeda-bedakan.
3.      Segmen yang Membedakan
Pemasar membidik sebagai segmen pasar dan merancang program yang berbeda pada-pada segmen. Pembidikan pasar ini lebih ambisius daripada pemasaran dengan konsentrasi pasar tunggal dan memberikan peluang perusahaan mencapai cakupan pasar yang lebih luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar