Kamis, 21 April 2011

STRATEGI MENETAPKAN AUDIENS SASARAN IKLAN OUTDOOR

Identifikasi audien sasaran adalah melakuhkan identifikasi pada pasar yang ingin kita bidik atau dengan kata lain melakuhkan segmentasi pasar dan pembidikan pasar. Untuk pemasaran produk konsumen, variabel segmentasi utama adalah:
1.      Segmentasi Geografis
Segmentasi geografis merupakan pembagian pasar menjadi unit-unit geografis yang berbeda, misalnya wilayah, negara, negara bagian, provinsi, kota, dan kepulauan. 
2.      Segmentasi Demografis
Segmentasi demografis adalah pasar yang dikelompokkan berdasarkan variable-variabel pendapatan, jenis kelamin, pendidikan, jumbah penduduk, usia, ukuran keluarga, siklus hidup keluarga, pekerjaan agama, ras, generasi, kewarganegaraan dan kelas social.
3.      Segmentasi Psikografis
Segmentasi psikografis mengelompokkan pasar dalam variable gaya hidup, nilai dan kepribadian. Gaya hidup ditunjukkan oleh orang-orang yang menonjol pada kelas sosialnya. Minat terhadap suatu produk dipengarui oleh gaya hidup sehingga barang yang dibeli oleh orang-orang tersebut ditujukan untuk menunjukkan gaya hidupnya.
4.      Segmentasi Perilaku
Segmentasi perilaku membagi kelompok berdasarkan status pemakai, kejadian, tingkat penggunaan, status kesetiaan, tahap kesiapan pembeli, sikap. Pasar dapat dikelompokkan menjadi bukan pemakai, bekas pemakai, pemakai potensial, pemakai pertama kali dan pemakai tetap dari suatu produk.
5.      Segmentasi Manfaat
Segmentasi manfaat mengklafisikasikan pasar berdasarkan artibut (nilai) atau manfaat yang terkandung dalam suatu produk. Konsumen akan mencari produk yang menyediakan manfaat khusus untuk memuaskan kebutuhannya. Pertimbangan yang dipakai konsumen saat membeli jam mungkin adalah ketepatan, ketahanan terhadap air, gaya, atau manfaat lain yang khusus. 
6.       Segmentasi Pasar Industri
Pasar industri dapat disegmentasikan menurut variabel demografi, variabel operasional, pendekatan pembelian, faktor situasional dan karakteristik pribadi.
Variabel demografi terdiri dari industri, ukuran perusahaan dan lokasi. Variabel industri mencakup jenis-jenis industri, misalnya industri ruang angkasa, industri otomotif, perbankan, perminyakan, rekayasa, pendidikan dan sebagainya. Dari bermacam-macam industri tersebut, industri apa yang harus diperhatikan? Ukuran perusahaan meliputi peru-sahaan besar, perusahaan sedang atau perusahaan kecil. Perusahaan ukuran berapa yang harus diperhatikan? Demikian juga tentang lokasi. Lokasi apa yng harus diperhatikan? Dell Computer melakuhkan segmentasi dalam lima segmen, yaitu segmen langsung (konsumen dan industri keil), grup relasi (yang mengelola rekening korporasi perusahaan), grup perusahaan (masuk dalam Fortune 500), perusahaan besar (masuk dalam Fortune antara 501-2000), perusahaan menengah (karyawan antara 200-2000).
Variabel operasi mancakup teknologi (teknologi pelanggan yang seperti apa yang harus diperhatikan?), status pemakaian (pemakaian besar, sedang atau kecil?) dan kemampuan pelanggan (haruskan kita melayani pelanggan dengan pelayanan banyak atau sedikit?).
Variabel pendekatan pembelian meliputi organisasi fungsi pembelian, stuktur kekuatan, hubungan alami yang ada, kebijkan pembelian umum, dan kreteria pembelian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar