Rabu, 27 April 2011

STRATEGI MERANCANG GAYA DALAM EKSEKUSI PESAN IKLAN OUTDOOR

Dalam eksekusi pesan, ada empat hal yang harus diperhatikan oleh tim kreatif, yaitu gaya, nada, kata dan format. Gaya terdiri dari menjual langsung, potongan kehidupan, gaya hidup, fantasi, citra, music, simbol kepribadian, keahlian teknis, bukti ilmiah, bukti kesaksian, demontrasi, perbandingan, animasi, humor dan kombinasi.
1.       Menjual Langsung
Salah satu gaya besar yang paling banyak dipakai dalam eksekusi pesan adalah menjual langsung (straight sell) atau pesan faktual. Gaya penjual tertuju langsung pada informasi produk atau jasa. Gaya eksekusi ini sering digunakan bersama daya tarik rasional, yang memfokuskan pesan pada produk atau jasa dan manfaat dan atau atribut spesifiknya.
2.       Potongan Kehidupan
Potongan kehidupan (slice of life) umumnya didasarkan pada pendekatan pemecahan masalah sehari-hari. Kemudian, pengiklan menunjukan produk yang diiklankan sebagai pemecah masalah. Pengiklan menyukai gaya ini karena percaya bahwa gaya ini efektif menyajikan situasi di mana sebagian besar konsumen mendapatkan manfaat kelebihan produk tersebut.
3.       Gaya Hidup
Gaya ini menekankan bagaimana suatu produk sesuai dengan suatu gaya hidup (life style).
4.       Fantasi
Gaya ini menggunakan pendekatan dengan menciptakan fantasi di sekitar produk tersebut atau penggunaannya. Produk menjadi pusat situasi yang diciptkan oleh pengiklan. Dengan menguasai teknologi digital (multimedia), orang-orang kreatif diperiklanan sekarang dapat menghasilkan urutan fantasi yang seolah-olah nyata iklan komestik biasanya menggunakan gaya fantasi untuk menarik konsumen.
5.       Suasana atau Citra
Gaya ini menggunakan pendekatan yang membangkitkan suasana atau citra (mood or image). Di sekitar produk tersebut, seperti kecantikan, cinta, atau ketenangan. Tidak ada pengakuan atas produk tersebut kecuali melalui sugesti. Berbagai katagori produk lain pun mulai bertindak demikian, terutama yang sedang mencari citra “canggih” dan “global”.
6.       Simbol Kepribadian (personality Symbol)
Gaya ini menggunakan pendekatan melalui penciptaan suatu karakter sebagai personafikasi produk tersebut. Karakter tersebut dapat berupa orang, binatang atau animasi.
7.       Keahlian Teknis (Technical Expertise)
Gaya ini menggunakan pendekatan dengan menunjukkan keahlian, pengalaman dan kebanggaan perusahaan dalam membuat produk tersebut.
8.       Bukti Ilmia (Scientific Evidence)
Gaya ini menggunakan pendekatan dengan menyajikan bukti survey, bukti ilmiah atau laboratorium bahwa merek tersebut lebih disukai atau mengungguli merek lain. Gaya ini umum ditemukan dalam katagori obat bebas.
9.       Bukti Kesaksian (Testimonial Evidence)
Banyak pengiklan yang menyukai gaya ini, jika orang menghargai produk berdasarkan pengalaman personalnya telah menggunakan merek atau manfaat selama menggunakannya. Bukti kesaksian sangat efektif ketika seseorang memberikan kesaksian kepada orang yang merupakan target pasarnya dan kesaksian tersebut menarik untuk diceritakan. Bukti kesaksian harus berdasarkan penggunakan nyata suatu produk untuk menghindari masalah yang berkaitan dengan hukum. Gaya ini lebih efektif jika datang dari sumber yang dikenal atau sumber yang popular, yaitu sumber yang sangat terpercaya, disukai, atau ahli yang mendukung produk tersebut mungkin adalah orang terkenal seperti Michael Jordan atau orang biasa yang menyatakan betapa mereka menyukai produk tersebut.
10.   Demontrasi
Gaya demontrasi dirancang untuk mengilustrasikan keunggulan kunci suatu produk. Gaya ini dapat sangat efektif dalam meyakinkan konsumen terhadap kualitas suatu produk dan manfaatnya setelah memiliki atau menggunakan merek tersebut.
11.   Kombinasi
Kombinasi merupakan teknik eksekusi pesan dalam iklan yang merupakan gabungan dari teknik-teknik lain. Iklan-iklan outdoor yang bagus menggunakan gaya kombinasi. Iklan outdoor target menggunakan gaya kombinasi untuk mengeksekusi pesan iklannya.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar