Kamis, 28 April 2011

STRATEGI MERANCANG FORMAT DALAM EKSEKUSI PESAN IKLAN OUTDOOR

Merancang format iklan outdoor mencakup merancang warna, ukuran dan ilustrasi. Penataan elemen-elemen makanis yang sesuai dapat meningkatkan kemampuan iklan outdoor agar dapat menarik perhatian.
1.       Merancang Warna
Spectrum warna yang penuh, reproduksi warna yang hidup dan sesuai merupakan salah satu keunggulan iklan outdoor. Desain yang penuh dengan warna yang brilian dapat membangkitkan tanggapan emosional yang akan memberikan inspirasi kesan yang abadi.

Dengan iklan outdoor, sangat penting untuk membuat pesan mudah untuk dibaca sehingga harus dipilih warna dengan kekontrasan yang tinggi, baik dalam identitas warna (hue) misalnya merah, kuning, biru maupun dalam nilai (value). Nilai merupakan ukuran kecerahan atau kegelapan yang dapat dipisahkan dalam kecerahan relative terhadap warna (tint) atau kegelapan relative terhadap warna (shade). Warna yang kontras dapat dilihat dari jarak yang cukup jauh, sedangkan warna yang kurang kontras akan bercampur dan mengaburkan pesan yang sampaikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa warna dengan kontras yang tinggi dapat meningkatkan “recall” periklanan outdoor sebesar 37%.
2.       Merancang Ukuran
Periklanan outdoor menyampaikan pesan yang benar kepada audien yang benar, pada waktu yang benar dan ditempat yang benar. Ukuran iklan outdoor bergantung pada jenis dan tempat peletakannya. Berdasarkan jenisnya, iklan outdoor dibedakan manjadi 4, yaitu Billboard, Transit, Street Furniture dan Alternative Media. Billboard berukuran setandar lebar 48 kaki dan tinggi 14 kaki (lebar 14,6 m dan tinggi 4,2 m). ukuran iklan transit pada bus shelter biasanya memiliki lebar 46 inci dan tinggi 67 inci (lebar 1,7 m dan tinggi 1,2 m). untuk iklan street furniture, ukurannya pun bervariasi seperti ukuran billboard. Iklan alternative media, juga berpariasi ukurannya.
3.       Merancang Ilustrasi
Ilustrasi merujpakan sebuah respresentasi visual (gambar, foto, warna, kata, simbol, logo, dan sebagainya) yang digunakan untuk membuat beberapa subyek menjadi lebih jelas, menarik dan mudah dipahami. Merancang ilustrasi dalam periklanan outdoor harus membuat pesan yang disampaikan menjadi jelas, menarik dan mudah dipahami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar