Penentuan posisi adalah tindakan untuk merancang citra perusahaan serta nilai yang ditawarkan sehingga pelanggan dalam suatu segmen memahami dan menghargai kedudukan perusahaan dalam kaitannya dengan pesaing. Penentuan posisi dapat dikelompokkan menjadi 8 yaitu :
1. Penentuan Posisi Menurut Nilai
Penentuan posisi menurut nilai adalah memosisikan produk sebagai pemimpin dalam menawarkan nilai terbaik. Nilai depengarui kualitas dan harga.
2. Penentuan Posisi Menurut Pesaing
Penentuan posisi menurut pesaing adalah memosisikan produk sebagai yang terbaik dibanding pesaingnya.
3. Penentuan Posisi Menurut Manfaat
Penentuan posisi menurut manfaat adalah memosisikan produk sebagai pemimpin dalam suatu manfaat tertentu.
4. Penentuan Posisi Menurut Penggunaan
Penentuan posisi menurut penggunaan adalah memosisikan produk sebagai yang terbaik dalam penggunaan tertentu.
5. Penentuan Posisi Menurut Pemakai
Penentuan posisi menurut pemakai adalah memosisikan produk sebagai yang terbaik untuk kelompok tertentu.
6. Penentuan Posisi Menurut Katagori Produk
Penentuan posisi menurut katagori produk adalah memosisikan produk sebagai pemimpin dalam katagori produk.
7. Penentuan Posisi Menurut Atribut
Penentuan posisi menurut atribut adalah memosisikan produk berdasarkan atribut atau sifat, misalnya ukuran, keberadaan, kedudukan, lambang dan sebagainya.
8. Penentuan Posisi Menurut Teknologi
Penentuan posisi menurut teknologi adalah memosisikan produk sebagai pemimpin dalam teknologi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar