Rabu, 27 April 2011

STRATEGI MERANCANG SLOGAN DALAM EKSEKUSI PESAN IKLAN OUTDOOR


Slogan, themeline atau tagline yang tertuang dalam pesan iklan outdoor merupakan awal dari kesuksesan periklanan. Slogan terdiri dari satu atau beberapa kata, sementara kata terdiri dari kumpulan huruf. Huruf yang dipilih untuk merancang iklan outdoor harus mudah dibaca dari jarak tertentu. Spasi di antara huruf, kata dan garis yang memadahi akan menyempurnakan jarak penglihatan. Ukuran relative tebal dan tipisnya huruf merupakan pertimbangan penting. Terlalu banyak huruf yang dipadatkan akan mengurangi kejelasan sebuah pesan iklan. Variasi huruf yang ekstrem, hhuruf yang terlalu tipis atau terlalu tebal akan mengurangi kemudahan pembacaan. Huruf-huruf tipe Ornate atau Sans serif mengurangi efektivitas sebuah rancangan iklan outdoor.

Slogan menjadi pernyataan standard yang mudah diterima dibenak konsumen. Slogan mempunyai dua fungsi utama, yaitu menjaga kelangsungan serangkaian iklan dalam kampanye dan menyederhanakan sebuah strategi pesan periklanan pada pernyataan positioning agar menjadi ringkas, dapat diulang, menarik perhatian dan mudah diingat. Kita bias mendengar kiasan “gambar merupakan seribu kata”, sebaiknya dalam merancang slogan berlaku kata (slogan) merupakan seribu gambar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar