Minggu, 24 April 2011

STRATEGI MENCARI KEUNGGULAN PRODUK

Produk merupakan bauran pemasaran yang paling mendasar. Produk bukan hanya berupa objek fisik, melainkan juga seperangkat manfaat atau nilai yang dapat memuaskan kebutuhan pelanggan, baik secara fungsional maupun manfaat, psikologis maupun sosial. Iklan dapat dibangun dari elemen-elemen produk sebagai berikut:
1.      Kualitas
Kualitas didefinisikan oleh pelanggan. Kualitas merupakan seberapa baik sebuah produk sesuai dengan kebutuhan spesifik pelanggan, meliputi kualitas kinerja, kualitas kesesuaian, daya tahan dan keandalan. Kualitas kinerja mengacu pada tingkat di mana karakteristik produk itu beroprasi. Kualitas kesesuaian merupakan tingkat di mana unit yang diproduksi identik dan memenuhi spesikasi sasaran yang dijanjikan. Daya tahan adalah suatu ukuran usia operasi produk yang diharapkan dalam kondisi normal atau berat, sedangkan keadaan merupakan ukuran suatu produk tidak akan rusak atau gagal dalam suatu periode waktu tertentu.  
2.      Keistimewaan (Fitur)
Keistimewaan merupakan karakteristik yang melengkapi fungsi dasar produk. Menjadi yang pertama yang mengenalkan keistimewaan baru merupakan cara yang sangat efektif.  
3.      Desain
Desain merupakan totalitas keistimewaan yang memengaruhi cara penampilan dan fungsi suatu produk dalam hal kebutuhan palanggan.
4.      Gaya
Gaya menggambarkan penampilan dan perasaan bagi pelanggan.
5.      Kemasan
Kemasan harus dapat memberikan informasi struktur produk, mamfaat dan informasi tambahan sehingga mendorong konsumen untuk mencoba membeli, membeli ulang dan menyediakan cara pemakaian produk. Pembentukan kemasan yang baik harus memiliki empat keistimewaan. Untuk mengevaluasi empat keistimewaan kemasan-kemasan tersebut, dapat digunakan model VIEW (Visibility, Informtion, Emotional appeal, Workability).
6.      Pelayanan
Kunci keberasilan dalam persaingan acap kali terletak pada peningkatan pelayanan yang menambah nilai dan kualitasnya. Pembeda pelayanan utama adalah kemudahan pemesanan, pengiriman, pemasangan, pelatihan pelanggan, keluhan dan penyesuaian, masalah kredit, pemeliharaan, bantuan teknis dan informasi bagi konsumen.
7.      Merek
Merek terdiri dari merek privat (private brand), merek perusahaan (corporate brand), merek khusus / individual (specific/ individual brand), merek lini/ keluarga (lini/family brand), merek kombinasi (combination brand).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar